RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Puspahiang
Mata Pelajaran :
PPKn
Kelas/Semester :
IX / Ganjil
Materi Pokok :
Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Alokasi Waktu :
1 Pertemuan 2 x 45 Menit ( 90 Menit )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman,guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
perilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para
pendiri negara.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.1. Memahami
sejarah dan semangat Perkembangan sistem pemerintahan di indonesia dan lembaga-lembaga negara |
1.
3.1.1 Memahami sejarah Perkembangan sistem pemerintahan di indonesia dan
lembaga-lembaga negara. 2.
Memahami
semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Teks Dekrit
Presiden 5 Juli 1959 |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca buku paket peserta didik dapat memahami sejarah perkembangan sistem pemerintahan di
indonesia dan lembaga-lembaga negara.
2.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik dapat memahami semangat dan
komitmen para pendiri
negara dalam
merumuskan Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959
3.
Dengan berdiskusi kelompok peserta didik dapat memahami sistem
pemerintahan di indonesia dan lembaga-lembaga negara
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Teks Penjelasan Perkembangan
sistem pemerintahan di indonesia dan lembaga-lembaga negara
2.
Teks, menjelaskan komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959
3.
Gambar 3.6 Pelantikan Menteri Kabinet Kerja
4.
.Gambar 3.4 tentang Teks Dekrit
Presiden 5 Juli 1959
5.
Gambar 3.5 Demonstrasi Tiga
Tuntutan Rakyat (Tritura)
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran Model : Saintifik
Strategi : Pencarian
informasi(information search)
Dialog
mendalam dan berpikir kritis(deep
dialogue and critical
thinking
Metode Pembelajaran : Simulasi, diskusi, tanya jawab, Penugasan.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Paket Modul dan LKS
3. Infografis Gambar
Bahan :
-
Sumber Belajar :1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas IX, BAB 3 : Kedaulatan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Buku Modul Terpadu
Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta:
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahan Bacaan : https://wirahadie.com/materi-pkn-kelas-9-bab-3/ https://www.cecepgaos.com/2020/10/ringkasan-materi-ppkn-kelas-9-bab-3.html
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh ketua kelas. (PPK Religus / KSE PENGELOLAAN EMOSI=RUTIN) 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. 4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang
pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK NASIONALISME/KSE PENGELOLAAN EMOSI=RUTIN) 5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan
kebersihan kelas. 6.
Siswa dan guru membuat kesepakatan kelas bersama. 7.
Guru membuat pemetaan kelas . 8.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 9.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan
dalam pembelajaran. 10.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan
literasi yang telah dilakukan. 11.
Siswa diajak untuk berdiri dan menggerakan tangan
kedepan ,keatas,kesamping dan kiri supaya peserta didik rileks. (KSE PENGELOLAAN EMOSI=RUTIN) |
10 menit |
Kegiatan inti |
a. Pada
awal pembelajaran, Peserta didik diberi motivasi
dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.
Mereka diberi gambaran dan bahan bacaan terkait materi Perkembangan
sistem pemerintahan di indonesia dan lembaga-lembaga negara..(Orientasi
peserta didik pada masalah ) b. Untuk
mengakomodasi siswa yang belum
memahami Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Perkembangan sistem pemerintahan di indonesia dan
lembaga-lembaga negara, Gambar 3.4
tentang Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Gambar 3.5 Demonstrasi Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura)..( Diferensiasi Konten dan
Proses ) c. Untuk Merefresh murid Guru mengajak murid melakukan teknik STOP
sebelum mengikuti pembelajaran selanjutnya. d.
Guru membagikan siswa
menjadi 3 kelompok. ( Membimbing siswa untuk belajar )=KSE KESADARAN SOSIAL EMPATI Kegiatan pembelajaran ini dapat dilakukan dengan
beberapa cara, antara lain: Ayo
Berlatih ( Membimbing Penyelidikan Individu/kelompok ) Pada kegiatan Ayo
Berlatih: • Siswa menuliskan lembaga-lembaga negara dari tahun pertama 1945. • Kegiatan ini dapat dilakukan di dalam
kelas/kelompok masing – masing. • Guru meminta kepada setiap kelompok untuk melakukan presentasi hasil pengamatannya
. ( Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya ) • Guru bersama-sama
siswa membuat kesimpulan
hasil pengamatan. (Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah |
180 menit |
(KSE PENGELOLAAN EMOSI ) Penutup |
1.
Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?KSE Kesadaran diri Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan disekitar? (
PPK Nasionalisme )KSE Empati 2.
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada hari ini. 3.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk
menyampaikan kegiatan bersama orangtua 4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. 5.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga
kebersihan kelas. 6.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah
seorang siswa.(KSE Pengelolaan Emosi = Ritin
) |
15 menit |
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap Tanggung jawab siswa dalam ketepatan
pengumpulan tugas sesuai dengan
waktu yang
telah ditentukan .
b. Penilaian keterampilan membuat dan menyajikan
Produk Sesuai minat peserta didik.
A. Strategi dan Alat Penilaian
Penilaian Sikap
Strategi :
Observasi Alat :
Nama Murid |
Tanggal/ Catatan Sikap |
Tanggal/ Catatan Sikap |
Tanggal/ Catatan Sikap |
Tangal/ Catatan Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan dan Keterampilan
Strategi : Unjuk kerja, hasil kerja, dan percakapan
Alat : Check list
Indikator |
Checklist |
||||
Keterampilan |
Belum Berkembang (BB) |
Mulai Berkembang (MB) |
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) |
Berkembang Sangat Baik
(BSH) |
Catatan
Tambahan |
Kognitif: Bersikap
ingintahu dan ekploratif |
Belum terlihat ketertarikan dan keinginan menyelidik |
Mulai terlihatada rasa ingin tahu, namun belum
terlalu konsen |
Terlihat antusias bertanya
dan mengamati |
Mengamati dengan
konsentrasi, detail dan banyak bertanya |
|
Bahasa: Menjawab
pertanyaan yanglebih kompleks |
Menjawab kesuluruhan bagian belumjelas, belum
lengkap belum dipahami |
Menjawab dibeberapa bagian
jelas, belum lengkap belum terstruktur |
Menjawab jelas, lengkap
belum terstruktur |
Menjawab jelas, lengkap
dan lebih terstruktur |
|
Konten: Kesesuaian karyadengan ketentuan materi |
Karya belum
menggamba r-kan materi prasyarat |
Karya sudah mulai menggamba
r-kan 2 materi prasyarat, |
Karya sudah menggambar -kan 3 materi prasyarat, |
Karya sudah menggambar -kan 4 materi prasyarat, |
|
Kreativitas: Berekplorasi
dengan berbagai media dalam pembuatan karya |
Menggunakan
1
bahan, media 2 dimensi, karya tidakrapi |
Menggunaka n 1
bahan, media 2 dimensi, karyarapi |
Menggunakan variasi bahan
dan cara, media3 dimensi/digital ,namun
karya kurang rapi |
Menggunakan variasi bahan
dancara, media 3 dimensi / digital, karya rapid an menarik |
|
Mengetahui Puspahiang,
13 September 2021
Kepala Sekolah Guru Mapel
H.
IMRON HADADE, S.Pd, M.Pd Santika Ruhwan, S.Pd
NIP. 19650603
198903 1 012 Nip.’
No comments:
Post a Comment